Dimanakah Pemuda Indonesia?

10nov

Hai-hai sahabat biologi, ketemu lagi nih kita di bulan november yang penuh dengan makna. Kenapa sih Bulan November disebut dengan bulan penuh makna? Karena tau gak sih sahabat bio, kalau di bulan November dan Oktober ini merupakan bulan yang penuh dengan catatan bersejarah. Contohnya beberapa hari lalu yang masih hangat mengenai peringatan Sumpah Pemuda, tepatnya di tanggal 28 Oktober 2015. Sumpah Pemuda tidaklah lahir begitu saja namun perlu dengan semangat perjuangan rakyat. Sesuai dengan namanya Sumpah Pemuda ini dirumuskan oleh para pemuda saat itu yang mempunyai jiwa nasionalisme sangat tinggi.

Selain hari pada tanggal 10 November kita akan mengenang hari bersejarah lain, yaitu hari Hari Pahlawan. Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya merupakan pertempuran pertama kali yang terjadi setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Peristiwa ini dikumandangkan oleh Bapak Proklamator Indonesia. Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh Latar adanya insiden hotel yamato surabaya. Ketika itu orang-orang belanda di bawah pimpinan Mr. Ploegman mengibarkan bendera Merah Putih Biru yaitu bendera Belanda di atas hotel Yamato di Surabaya. Hal ini menyulut kemarahan masyarakat Surabaya. Hal itu dianggap penghinaan terhadap kedaulatan bangsa Indonesia yang telah memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Semangat nasionalisme yang tinggi membuat sebagian pemuda bertindak tegas dengan menaiki hotel yamato dan merobek berdera belanda warna birunya sehingga tinggal tersisa warna bendera bangsa Indonesia Merah Putih. Inilah yang memicu terjadi peristiwa bersejarah pertempuran 10 November tersebut.

Sayangnya semangat pemuda yang telah hidup di era kemerdekaan ini kian memudar. Dimanakah semangat pemuda Indonesia? Padahal pemuda merupakan tumpuan bangsa untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Momen sejarah tersebut seharusnya tidak hanya dijadikan sebagai peringatan saja sebabnya banyaknya problematika yang tengah bangsa ini hadapi, namun harus ada bentuk nyata untuk menghargai perjuangan para pahlawan yang telah mengantarkan kita ke masa saat ini. Bentuk nyata itu seperti bentuk tegas melawan Korupsi yang telah melalang buana, dan menyebar dengan cepat layaknya tumor yang tengah menggerogoti bangsa ini. Selain bentuk tegas pemberatasan korupsi pemuda indonesia harus peka terhadap paham kekerasan dan aksi terorisme yang kerap meresahkan bangsa ini.

Indonesia merupakan negara yang beraneka ragam penuh dengan budaya, namun ditengah perbedaan tersebut Indonesia tetap bersatu padu menjadi suatu bangsa. Selain itu Indonesia merupakan negara yang kaya sumber daya alamnya, yang mana sumper daya ini merupakan modal untuk menjadikan bangsa ini sejahtera. Sayangnya segala kekayaan itu belum mampu membuat bangsa ini sejahtera, bahkan kekayaan bangsa kita digeruk oleh negara lain. Oleh karena itu saat ini para pemuda haruslah menjadi tonggak perubahan agar Indonesia menjadi lebih baik, dan bangsa yang lebih sejahtera kedepannya,

Dimanakah Pemuda Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *