foto_seminar_biologi_sintetik_3381_20141003102138

Selama Dua hari (27-28/9) Tim International Genetically Engineered Machine (iGEM) Universitas Brawijaya (UB) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HIMABIO) mengadakan Seminar mengenai Synthetic Biology dan Workshop Bioinformatika. Seminar yang dilaksanakan di Ruang Biologi tersebut dipenuhi oleh peserta yang bersemangat ingin mengenal lebih dalam apa itu Synthetic Biology dan bagaimana aplikasinya di masa mendatang.

Seminar bertema Potensi dan aplikasi synthetic biology di Indonesia ini d iisi oleh Muhaimin Rifa’i, PhD.Med.Sc dan Widodo, PhD.Med.Sc. Turut hadir komunitas synbio Universitas Gadjah Mada (UGM) dan tim iGEM Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah sesi materi selesai diadakan meet up dimana masing-masing tim memaparkan projectnya dihadapan peserta seminar dan membuat para peserta semaki antusias.

Seminar Synthetic Biology merupakan kegiatan Human Practice. Human Practice adalah salah satu penilaian pada kompetisi iGEM. Kompetisi iGEM  merupakan kompetisi tahunan mengenai synthetic biology antara universitas-universitas seluruh dunia.

Tahun ini, Indonesia diwakili oleh empat kampus, yaitu tim dari UB, ITB , Universitas Indonesia, dan Universitas Teknologi Sumbawa. Keempat universitas tersebut akan berangkat ke Boston, Amerika Serikat untuk mempresentasikan hasil project dihadapan juri dan peserta lainnya pada akhir bulan oktober ini.
Harapannya Indonesia mendapatkan medali emas dalam kompetisi bergengsi ini. Salah satu hasil meet up dan diskusi selama dua hari adalah kesepakatan untuk mengaktifkan kembali forum synthetic biology secara nasional. Hal ini dilakukan guna mengembangkan potensi synthetic biology di Indonesia.

Sumber: http://prasetya.ub.ac.id/berita/Seminar-Synthetic-Biology-Langkah-Awal-Perkembangan-Biologi-Sintetik-di-Indonesia-15524-id.html

Seminar Synthetic Biology: Langkah Awal Perkembangan Biologi Sintetik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *