Biologi merupakan suatu ilmu yang sangat mendasar dalam masyarakat modern. Ilmu ini dapat digunakan dalam berbagai macam aspek kehidupan. Jurusan Biologi Universitas Brawijaya merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mewadahi dan memfasilitasi segala bentuk aktivitas yang berhubungan dengan ilmu dasar tersebut. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya dalam perkembangannya, telah mendapat banyak penghargaan dan telah diakui keberadaannya dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Namun hal tersebut tidaklah terlalu berpengaruh di masyarakat. Masyarakat luas belum terlalu mengenal tentang Jurusan Biologi Universitas Brawijaya.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Brawijaya (Himabio – UB) merupakan wadah dan sarana pembinaan mahasiswa mahasiswa Jurusan Biologi yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan mahasiswa itu sendiri. Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Brawijaya merupakan sentral aktivitas mahasiswa Biologi yang mewadahi dan memfasilitasi segala aktivitas mahasiswa Jurusan Biologi. Misi utama pengurus sendiri di awal masa kepengurusan adalah memperkuat jaringan dengan organisasi-organisasi di luar Himabio – UB, terutama organisasi-organisasi seprofesi, agar Himabio – UB dikenal baik oleh masyarakat sekitar. Misi tersebut diwujudkan dalam berbagai bentuk kebijakan yang terealisasi dalam beberapa program kerja.

Himabio – UB memiliki lima Divisi dan satu Lembaga Semi Otonom (LSO). Lima divisi yang terbentuk meliputi Divisi I (Keorganisasian), Divisi II (Keilmuan), Divisi III (Humas dan Infokom), Divisi IV (Minat dan Bakat), dan Divisi V (Kewirausahaan) dan LSO Kelompok Studi Biologi (KSB). Masing-masing divisi dan LSO mempunyai tugas dan wewenang yang bersama-sama bertujuan mewujudkan tujuan organisasi. Demi terwujudnya tujuan organisasi tersebut Himabio – UB bekerja sama dengan Faklutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, lembaga-lembaga di lingkungan FMIPA dan organisasi lain dalam menjalankan program kerja yang telah dicanangkan pada tiap tahunnya.